Friday, December 23, 2005

TDG Temanggung De Journal Part II

Touring Duet To Temanggung
16 - 20 Dec 2005


Part II : KEPULANGAN - BACK TO JAKARTA!!


------------------17 Dec 2005------------------

10:30 WIB
Gw baru bangun tidur disambut penganan dan teh manis hangat serta hujan deras.. brrr.. dinginnya rek!! Nando telp dan nanyain kondisi. Cak Heru juga sms.
Hujan turun seharian. Praktis sampe sore kami hanya nonton TV, tidur2an,bercanda, maenin kucing, liatin pendopo yg ada kolam ikannya.
Sorenya ziarah ke makam ibunda Bro Ade dilanjutkan rolling seputaran Temanggung (mohon maaf Cak Yusuf, gak jadi ke Magelang utk makan Tahu apa gitu gw lupa namanya... )

Malamnya pengajian dirumah bapak Ade Soe. Ternyata, seluruh keluarga Ade Soe sangat ramah dan bersahabat. Bener2 feels like home there! Malah gw sempet mau dicariin jodoh ama keluarganya (nando ama sontul nyengir dah!!).
Malemnya pulang dan bobo nyenyak dgn diiringi suara derasnya hujan yg turun lagi..


-------------------18 Dec 2005-------------------

05:00 WIB
Bangun tidur dan beres2.

06:00 WIB
Sarapan dan pamitan serta photo session.

07:00 WIB
Berangkat pulang melalui jalur selatan, Temanggung-Parakan-Wonosobo. Sedikit terhambat di alun2 Temanggung krn sedang berlangsung lomba sepeda santai.

09:00 WIB
Wonosobo benar2 dahsyat. Medan tanjakan mirip puncak tapi agak sempit dengan kabut tebal dan jarak pandang hanya 4-5 meter saja! Bayangkan, ini sekitar jam 9 pagi!! Kami sepakat menamakan daerah ini "Gate of Heaven" karena jalanan didepan tidak terlihat, kiri jalan jurang tertutup kabut dan kami bener2 bagaikan melayang ditengah kabut!! Bahkan lampu kendaraan dari arah berlawanan baru terlihat sekitar 5 meter dari kami.
Gw cuma bisa nyengir sirik ngeliat Ade Soe dan Lia yg pelukan dimotor! Huh, gw mau meluk tangki??!

10:20 WIB
Istirahat sejenak didaerah sebelum Banjarnegara. Isi bensin sekalian neduh ujan. Sempet sms2an dgn wiedhie dan telp2an. Andri Ketum HORNET sms ngasih tau jangan ngebut2, khan skr udah Instruktur SRC.. Thx bro! (justru Ndri, ini praktek caranya ngebut dgn aman di jalur luar kota.. hehehehe... kidding!)

10:35 WIB
Perjalanan dilanjutkan kembali Banjarnegara menuju Klampok. Pemandangan benar2 indah dengan hamparan gunung, sungai, sawah, kebo mandi (lho kok?) namun sayang sekali jalanannya banyak ranjau lubang. Kami berdua bener2 extra waspada thd kondisi jalanan agar velg gak peyang dan "b1dj1" serta "matahari" gak jebol..
Skill riding kami benar2 diuji secara kadang tiba2 ada motor nggilani atau orang nyebrang atau bus 3/4 yg berhenti mendadak tanpa sign. Jalanan sempit berkelok2 dan naik turun mirip gabungan daerah Parung dan daerah kampung tengah Depok ditambah Limo Depok dgn kondisi jalanan agak ramai.

12:00 WIB
Nyasar didaerah sebelum Banyumas. Tiba2 kami masuk jalan makin kecil dan kiri kanan sawah. Ada sekitar 5 km kami nyasar. Gw inisiatif nanya orang pinggir jalan (bengkel trail).
"Oaaaalaahh mas.. sampeyan salah jalur. Muter bae, dilampu merah belok kanan dus lurus kearah Purwokerto"..
Puter balik sambil cengar cengir ke Ade Soe dan Lia.. RCnya lagi ndablek iki... Hehehehhee..

12:30 WIB
Istirahat diseberang Pom Bensin daerah Sukaradja, Kab Banyumas untuk makan siang dan dinginin mesin. Sempet lihat rombongan motor gede yg ternyata dari IMBI yg isi bensin dan ada yg mogok. Ketika gw dan bro Ade Soe isi bensin dan bergerak meninggalkan Pom Bensin, serentak mereka klakson dan lambaikan tangan.
Mungkin mereka lihat style touring kami yang keliatan bgt anak Jakartanya. Didaerah Jawa Tengah kami tidak bertemu sama sekali motor pake Box Givi dan tas touring. Ternyata gak semua anak "motor gede" itu yuppies, mereka respect. Such a brotherhood!

13:00 WIB
Perjalanan dilanjutkan melalui perempatan Tanjung (Purwokerto), belok kiri kearah Rawalo. Sedikit trouble disini krn kepala gw tiba2 pusing, dan leher tegang.. Sepertinya tensi darah gw naik krn kelelahan. (susah kalo punya darting).
Istirahat sejenak sekalian ngecek tekanan angin ban. Perjalanan dilanjutkan kearah Wangon lalu Karang pucung, dan kita break makan siang sebelum masuk Majenang.
Selagi istirahat, tiba2 rombongan Tiger lewat. Sebagian besar menggunakan jaket DETIC (Depok Tiger Club). Sayang mereka hanya lewat sambil klakson saja, padahal kami dah melambai2kan tangan dgn rompi motor plus atribut dan motor kami mejeng dipinggir jalan. Mungkin mereka dikejar waktu. It's okay Bro....

14:30 WIB
Lanjut lagi masuk Majejang, isi bensin. Cuaca mulai mendung gelap dengan medan yang agak berat dan jalanan yg hancur banyak lubang serta angkot2 biadab yg berhenti seenaknya (gak dijakarta, gak dimana2, kelakuan angkot sama aja!).
Perjalan melalui majenang - Wanareja - Banjar - Cisaga lalu Ciamis. Berhenti istirahat di Ciamis sekalian neduh gara2 ujan gede banget. Depan kita persis avanza tabrakan dgn mercy tiger dilampu merah aneh (Aneh, karena garis stopnya ada dua, terpisah 5 meter sebelum lampu merah).

15:00 WIB
Ditengah hujan yg masih agak lebat, kami lanjutkan perjalanan melalui daerah Ciamis-Cikoneng-Tasikmalaya.
Ternyata memang benar mojang priangan gareulis euy!! (cantik2). Cuci mata dikit laahh! hahahahaha...

16:30 WIB
Memasuki daerah mulai menanjak selepas Malangbong & Sukamerang (kab. Garut). Nah, mulailah kami memasuki daerah "tanjakan setan" mirip Padalarang tapi lebih parah, di daerah Gedong-Kubang dgn kendaraan yg padat dan rapat.
Disini tragedi kedua terjadi, kala gw ada disebelah kiri karena dipepet Avanza silver dan ade soe dikanan belakang, tau2 motor gw "nge-jam" dan bunyi kelepek2 dan klotokan bagaikan klep bengkok!
Ade soe gak tau sama sekali dan lewat trus. Gw coba hubungi by HP, ternyata HPnya gak aktif. Pasrah lah gw.. gw sms ade soe bahwa gw trouble. Jam sudah menunjukkan pukul 17:36 WIB.
Gw cuma bisa berharap Ade Soe isi bensin dan cek HP. Gw pikir, kalo Ade Soe baru sadar gw ilang pas dia dah sampe Bandung, mendingan dia lanjut aja dan gak usah balik. Terlalu jauh soalnya (Nagrek aja belom sampe..)

17:50 WIB
SMS gw buat ade soe masuk! lsg gw telp dia dan alhamdulillah sedang isi bensin sekitar 7 km dari lokasi gw mogok. Dia lsg puter balik.
Saat itu tiba2 rombongan Tiger Jakarta lewat. Sontak gw loncat kepinggir jalan dan lambai2kan rompi yg ada bordiran HORNET dan jaket GPMR yg sdg gw pake. Sayang sekali mereka hanya klakson dan lambaikan tangan padahal gw teriak motor gw trouble. Sepertinya club Tiger campuran, paling belakang stickernya HTBC.

18:00 WIB
Ade Soe sampe dan ada orang2 sekitar yg nunjukkin ada yg buka bengkel gak jauh dari tempat gw mogok dan ternyata montirnya biasa pegang motor classic (*baca: tua).
Asumsi awalnya juga Klep bengkok kepanasan dan mentok ama seher secara gw cerita kalo block silinder dah gw papas 0.5 mm.
Vonis, harus turun mesin!! Gila, ditengah antah berantah gini danmalam pula???
Masalah baru muncul, tidak ada onderdil dan jauh dari kota. Terpaksa ngambil dari bengkel temannya, block atas CB yg udah ada klep baru mau dipasang (salut gw ama solideritas mereka!)
Ketika mesin diturunkan, ternyata bukan klep, tapi laher noken as gw rontok!
Masalah lagi, dicari sampe 2 jam gak ada bengkel or toko sparepart yg buka. Gw cuma bisa pasrah.
Gw salut sama Bro Ade Soe & Lia yg gak mau ninggalin gw padahal besoknya Ade Soe ada meeting penting dikantor dan Lia harus ngantor! Padahal raut wajah mereka sudah menunjukkan rasa lelah yg luar bisa.
Jam gw tengok, pukul 21:00 WIB. Luar biasa rasa brotherhood yg gw rasakan kali ini.
Pungky dan Abram GPMR sempat nekat mau nyusul, tapi gw larang. Terima kasih juga utk Bro Wiedhie dan Cak Heru yg begitu concern dan perhatian. Juga buat Kori (karya perkasa motor) yg simpati banget dgn kejadian ini.
Lalu, sekali lagi rasa solideritas penduduk Kubang, Gedong bener2 hebat. Salah satunya ngerelain bearing noken as Supranya dibongkar utk diambil dan dipasang dimotor gw. Alamaaakk, dijakarta mana ada yg kaya gini???


-------------------- 19 Dec 2005 --------------------------------

01:30 WIB
Redz selesai dipermak dan mesin halus banget (ya iyalah, ganti packing!!) Masalah timbul waktu pembayaran, kang Yaya minta ongkos 100 rb sedangkan uang cash yg ada hanya 75 rb secara tempat ini jauh banget dari ATM. Akhirnya sepakat 75 rb saja... gw dah sempet relain HP gw dijadiin jaminan tadinya..

01:45 WIB
Bergerak meninggalkan Kubang menuju Nagrek. Alhamdulillah motor tdk bermasalah lagi di"tanjakan setan" Nagrek.
Selepas Nagrek, berhenti sejenak dipom bensin utk isi bensin dan di warung kopi utk ngopi2 sekedar melepas ngantuk & lelah.

02:10 WIB
Perjalanan dilanjutkan menuju arah Cileunyi, Bandung. Memasuki daerah Bandung, didaerah Cibiru sekali lagi kami kena Razia Polisi. Semua lagi2 takjub dgn kemampuan CB 125 dan GL 100 yg keliling setengah Jawa hanya bertiga saja dan dua motor. Sekali lagi motor gw dipelototin rame2, dan suprised ketika tau mesinnya masih standar. Alhamdulillah knalpot racing gw gak kena masalah (tadinya sempet deg-degan).

03:30 WIB
sampai di Pom bensin Cimahi sebelum Padalarang. Kami beristirahat dan terlelap tidur dikursi bengkel pom yg masih tutup saking lelah dan ngantuknya. (Nyaris 24 jam riding!)

04:30 WIB
Bangun dan siap2 jalan lagi.. Belum isi bensin, agak ramai dan rasanya masih cukup sampai Ciranjang.

04:45 WIB
Lanjut lagi melalui turunan curam, berkelok2, bergelombang dan gelap Padalarang menuju Ciranjang utk lalu isi bensin.

06:00 WIB
Memasuki kota cianjur yang padat dgn orang menuju kerja dan sekolah. Oh iya, hari senin yaahh? Lalu Cipanas dan Puncak, Bogor.
Sempat terhambat diperempatan Ciawi yang macet banget! Klakson dikit depan gang rumah gw di Tajur, Mamaaaa.. Aa lewat Maaa... !!!

07:45 WIB
Isi bensin terakhir kali diPom bensin Lorena, Tajur, Bogor lalu bergerak menuju kampung tengah, Depok.
Sampai diMargonda depok, bro Ade ambil arah UI utk menuju jalan tembus yg alamaak, ternyata turunan dan tanah merah basah licin bekas ujan. Redz sempat terpeleset gara2 ngerem pake rem depan, untung tertahan oleh tas touring dan devil ridernya jagoan! heheehehhee...

08:45 WIB
sampailah dirumah Bro Ade di Ciganjur dan tanpa basa basi, gw ketiduran diteras sampe jam 10an..

10:15 WIB
Pindah kedalam, makan indomie buatan sis Lia dan gak tau malu gw langsungg ketiduran lagi sampe jam 16:00 WIB lalu bergerak pulang. Dijemput Bro Pungky dan dikawal pulang.

18:00 WIB
Sampe dirumah Pondok Labu dan bongkar muatan.
Waaaaaaaaaaaahhh!!! what a very interesting and unforgetable touring!!! Sekali lagi Red Devil membuktikan nyali dan keperkasaannya mengarungi setengah jawa setelah awal februari 1998 lalu melintasi Jawa menuju Bali. Semua suka duka ini akan ada selamanya dalam kenangan gw.
Saat ini, gw lagi merancang touring selanjutnya setelah Touring Full HORNET to Ciwedey, akhir januari 2006.
Jogja atau Solo atau Batu Raden kayanya asyik juga... sopo rep melu karo aku?? heheehhehehe...


Jakarta, 21 Dec 2005
Diceritakan oleh Temmy "Red DeviL" Himawan
Kadiv Touring HORNET/ Instructur SRC HORNET
HORNET 094 / CCC 001 / GPMR 021
Honda CB 125s 1978

* Catatan Kecil:
1. Pastikan kondisi kendaraan benar2 fit untuk touring jarak jauh. Siapkan busi cadangan, lampu2, ban dalam, CDi & spul (bagi motor rubahan), tali kopling dan gas, oli.
2. Pastikan kondisi keuangan memadai dan berbentuk cash.
3. Kondisi fisik selalu diperhatikan, kalau cape yah istirahat.
4. Motor rata2 gak pake radiator, ada saatnya dia sudah over heat dan butuh istirahat sejenak.
5. Selalu report dan beri kabar kepada kawan diJakarta/keluarga agar posisi kita selalu terpantau.
6. Jangan pantang menyerah kalau ada trouble dan senyum adalah senjata ampuh menghilangkan lelah dan stree perjalanan.
7. Pantau kecepatan, apalagi jalan jauh motor harus selalu fit. Usahakan kecepatan ada dibawah 100 km/h.
8. Selalu membawa peta, semakin lengkap dan detail semakin baik. Setiap dkt persimpangan, lambatkan motor, biasanya ada penunjuk jalan.
9. Selalu bersikap sopan thd pengendara lain, terutama bus dan truck dgn memberikan klakson dan salam jempol saat mendahului.
10. Selalu sediakan cadangan kaos kaki, sarung tangan dan slayer/balack. Ada trick kecil, pakai kacamata utk nge-las lalu balack/slayer dilapis plastik diluarnya dgn ditempel double side tape (selotip bulak balik) agar kalau buka kaca saat hujan deras kita tetap bisa napas. (khusus buat kaca gelap)


* Red DeviL want to say Thanks to:

1. Allah SWT yang melindungi kami selama perjalanan.
2. Bro Ade Soe & Sis Lia atas kekompakan, kesederhanaan dan rasa persaudaraan serta bantuan moril dan materiil selama perjalanan.
3. Redz, my Honda CB 125s 1978 yang gak sampe jebol mesinnya walau ada sedikit trouble dan udah rela gw "perkosa" abis2an. (Kalo orang udah tembus tiga jari jempol kaki kaleeeee! hahahahahhaha...)
4. Keluarga besar Ade Soe di Temanggung yang sudah begitu ramah dan perhatian. (nyariin jodoh gw teteeeeeup khan De? hihihihi..)
5. Keluarga Besar HORNET, terutama Wiedhie (kanit UKB), Pungky, Cak Heru, Andri Ketum, Sammy Kahar, Nando Binyo atas supportnya by call dan sms selama perjalanan. Sontul atas celaannya yg bikin gw semangat.
6. Keluarga Besar GPMR, terutama Arif dan Abram.
7. Keluarga Besar CCC, a/l Hermawan, zulmach, zainal, Septo, Yogo tole atas doa dan supportnya.
8. Edy Caplang TC 125 atas doa dan supportnya...
9. Mamah dan Mbah yg aku boongin... maaf yaahhh.. hehehehe.. ngakunya cuma sampe Bandung touringnya... heheheehehehe...
10. Dan semua kawan2 yang memberikan support by e-mail dimilist Horneterz, GPMR, CCC, Hornet ID, FSRJ dan Honda_Motor.

Thx all!

~LONG LIVE BROTHERHOOD~

1 Comments:

Anonymous Anonymous said...

$10 free chip casino secret bonus, bonus spins - Ospa Casino
‎Withdrawal Methods カジノ シークレット · ‎Mobile Casinos · ‎Promotions · ‎Live 메리트카지노 Casinos クイーンカジノ

6:54 PM  

Post a Comment

<< Home