Friday, December 23, 2005

TDG Temanggung De Journal Part I

TDG Temanggung
16 - 20 Dec 2005

Part I : KEBERANGKATAN - GOES TO TEMANGGUNG!!

PRA TOURING.

Suatu hari Bro Ade Soe contact gw, ngajakin utk touring ke Temanggung dlm rangka 40 hari ibunya disana.

Awalnya gw agak ragu secara gw gak ngerti dimana sih Temanggung itu? Setelah gw liat peta n tanya kanan kiri, baru gw tau bahwa Temanggung itu adanya sebelum Magelang, Jogja dan Solo. Skitar sejam dari Jogja n 2 jam dr Solo. waaahh gile, jauh jg yah..?

Jiwa bikers gw yg kebetulan udah lama gak touring jauh n kangen bgt, ngeledekin didalam, "aah.. cemen... katanya bikers, skr kan udah gak ada yg ngelarang2 ?... "
Akhirnya gw telp Ade Soe n ngabarin kalo gw positif ikut.
Beberapa kawan yg tadinya mau ikut akhirnya batal karena ada yg motornya gak fit/trouble dan ada yg harus interview kerjaan.

Akhirnya kami sepakat jalan dua motor & tiga orang, Red Devil & Super Deluxe, Gw, Ade Soe & Lia, istrinya.


PERJALANAN BERANGKAT TOURING.

---------------------- 16 Dec 2005 -------------------------
Pukul 05:30 :
gw dah smp & isi bensin. Bro Ade Soe sampe jam 06:05 WIB.

Pukul 07:00 :
Berangkat, melalui jalur TB.Simatupang-P.Antasari-Tendean-Kuningan-Casablanca-Malaka Raya-Pondok Kelapa-Kalimalang-Bekasi-Tambun-Cikarang-Karawang.

Pukul 09:00 WIB:
Istirahat diKrawang sekalian isi perut di Alun2 depan Masjid Raya Krawang.

Pukul 09:30 WIB:
Perjalanan dilanjutkan kembali dgn jalur krawang-kosambi-sukamandi-ciasem dengan kondisi jalanan yang lurus dan mulus bagaikan jalan tol.
Redz dan Super Deluxe digeber sampai 140 km/h (berdasarkan lirikan mata pada spedometer Yamaha Jupiter yg sempet ngajak tarik2an, RPM 12.000 ada di 125 km/h).
Ketika gas dipompa, ternyata Redz masih mau diajak "lari"! Jadilah RPM melewati batas 12.000 Rpm dan getar2 nyaris putus! Bahkan ketika power motor udah "mentok", RPM sudah nyaris sampe ke indikator bensin (gw pake Spedometer RX King). Jupiter pun tewas jauh ditinggalkan Red Devil & Super Deluxe GL 200.
Motor udah kaya ditiup angin puyuh secara gw pake side bag (tas turing kembar kanan kiri belakang). Akhirnya kecepatan diturunkan "hanya" 11.000 - 12.000 RPM atau sekitar 110 km/h - 120 km/h saja dan Jupiter itu sudah entah ada dimana.
Selewat fly over pamanukan, ....ndadilaahh tau2 Redz mati total. Aku klakson Bro Ade Soe 4 x 4 dan kasih lampu DIM berkali2 utk menandakan ada trouble.
Motorpun berhenti dipinggir. Aku cek jam, pukul 10:15 WIB.
Kami sepakat istirahat dulu, siapa tau motor "nge-jam" kepanasan.

Pukul 10:45 WIB
Motor tidak mau nyala juga padahal busi udah diganti busi cadangan. Tanya kepada tukang ojek, ternyata dibawah fly over ada bengkel motor. Sedikit clue dari situkang ojek: "Nu bogana, randa geulis tapina geus rada kolot" (yang punyanya janda cantik tapi rada berumur).
Bergegas kami membawa Redz balik arah ke bawah jembatan dan memang ada bengkel lumayan besar dan bersih dgn beberapa motor trail warna biru didepannya dgn nama "CUCU MOTOR SPORT".
Memang orang sana ramah2, mereka langsung sigap pegang motor gw (Teh Cucu pegang gw.. hahahah.. kidding.) dan setelah dicek, divonis CDi dan Pulser gw mati. Alhamdulillah bengkelnya lumayan lengkap dan sparepart tersedia.
Ternyata wanti2 dari situkang ojek bener adanya. Yang punya janda cantik yg rada2 "ateul" plarak plirik mulu ke red devil.
Buka omongan dgn "Mas Temmy mau kemana?" Sempet kaget kok tau nama gw? Gw lirik Ade Soe siapa tau dia ngasih2 info. Tau kebingungan gw, Teh Cucu bilang: "Tuh namanya ada di motornya.."
oh iya... sticker nama gw terpampang depan belakang kanan kiri hehehehee... Ternyata bener janda umur 35 tapi tampang masih 28an.. (*langsung inget Sammy Crot, Didi dreus ama Wiedhi... hihihihi..*)
Singkat cerita pukul 14:00 WIB Redz sudah bisa dipake lagi..
Gw test larinya.. alamak, gigi 1 & 2 ngangkat!! Oh ya, busi diganti "busi racing" .. katanya..... ;p


Pukul 14:15 WIB
Perjalanan dilanjutkan melalui jalur lintas Indramayu dan pukul 15:00 WIB, berhenti sejenak diPom Bensin daerah Patrol. Sekalian isi bensin, Kami menunaikan ibadah Dhuhur yg tertunda.

Pukul 15:30 WIB
Perjalanan dilanjutkan kembali dgn speed 80-100 km/h (kapookk gw kebut2an lagi!!) Kalo Ade agak kebut, gw dim 3 kali ngasih isyarat. Jalur melalui Kandang Haur-Jangga-Lohbener-Jatibarang-Arjawinangun-Plumbon.

Pukul 16:30 WIB
istirahat dulu di Plumbon sekalian makan. Kami makan namanya nasi legok. Kirain apaan, taunya nasi pake rujak timun! (Istilah bro Ade Soe) Hahahahaha.. untung ga mules.. Motor kami mulai dikerubungi orang banyak. Pada kaget juga CB 125 dan GL 100 bisa sampe situ. Lebih kaget lagi pas tau kami mau ke Temanggung.

Pukul 17:00 WIB
perjalanan dilanjutkan dan gelap mulai menghadang. Perjalanan melalui Plumbon-Kedawung-Cirebon-Kanci-Losari-Tanjung-Brebes-Tegal-Pemalang. Alamaakk bener aja, bus malam dan truk2nya sadis2!!!
Terpaksa Red Devil pake jurus andalan berdiri diatas motor utk menghalau kendaraan dari arah berlawanan kala akan menyusul! (Please, don't try this at home! it's very very dangerous!!) dan tidak lupa memberi salam jempol pada truk dan bis yang kami dahului yg dibalas simpatik dgn lampu dim atau klakson pendek dari mereka.
Dan itupun dibalas mereka kala mendahului kami. Serasa jadi banyak temen dijalan.. Hehehe touring bareng truk dan bus dong kalo gitu? ogaaahhh! hahahahhaaha... Beberapa kali kami berhenti utk isirahat mesin, minum, lurusin kaki dan dinginin "matahari".

Pukul 20:30 WIB
Kami berhenti diantara Tegal dan Pemalang untuk isi bensin dan ngopi2 sejenak. Salut gw sama sis Lia yg tdk menampakkan wajah lelah dan masih ketawa2 cengar cengir bareng Ade Soe (padahal gw udah mulai pucet bayangin lewat alas roban tengah malam.. mereka sih enak berduaan, nah gw???)

Pukul 21:00 WIB
Perjalanan dilanjutkan kembali melalui Pemalang-Kota Pekalongan-Batang-Subah-Alas Roban.
Gila, turunan Alas Roban licin sekali karena habis hujan. Kami hati2 sekali (dlm hati gw tarik napas lega krn gak lewat hutan ternyata, tp jalur kendaraan pribadi yg curam). Lalu istirahat sekalian isi bensin.

Pukul 22:30 WIB
Ketika isi bensin, diwanti2 oleh orang sana kalo jalur hutan setelah Waleri itu "rawan". Kami sudah ngira ada begal. Ternyata maksudnya rawan adalah jalanan gelap dan menanjak sadis serta banyak "lelembut"!
Alamaakkkk.... Mama.. I want to coming home wae laaaaaaaahhh!!!

Pukul 23:00 WIB
Perjalanan dilanjutkan melalui jalur Waleri lalu belok kanan. Memasuki jalur alternatif dan kebtulan ada bus malam SANTOSO, kami ikuti aja. Dahsyat, tanjakan terjal ditengah hutan dengan jalan yang sempit dan berkabut serta diselingin wangi2an aneh seperti bau menyan, bau mawar, bau bangkai, bau kentang.. wahhh pokoknya macam2 deh. Kadang ada kelibatan selintas terpantau lampu tapi kami gak ambil peduli. (ngapain juga orang tengah malem buta ditengah hutan gelap gulita?). Lama2 ini bus keabisan power, ya udah kami lewatin saja.
Tancap gas trus dgn medan tanjakan nyaris 45 derajat. Praktis hanya gigi 1 & 2 kadang-kadang 3 aja di CB gw yg bermain. GW cuma berdoa, jgn sampe mogok...hiks... sampai didaerah Sukoredjo jalanan menurun lagi.. alhamdulillah, mesin bisa istirahat.
Wallahualam, astagfirulah... motor gw sempet "ditumpangi", terasa sekali ada yg duduk dibelakang dan pegang pundak. Alhamdulillah gak lama dia pergi lagi setelah gw ngomong: "kalo gak mau turun, ta' aduken ke mbah yg dijembatan besar sana yo sampeyan?" ehhh ilang dia... what an experience!!! damn!! dasar jurig sia!! (*kabayan style ON) atau jangan2 dia nyadar, yg ditumpangin itu "setan" juga? hahahahahha....

Pukul 01:15 WIB
Kami dihentikan razia Polisi di daerah Kedu (bener gak De namanya?) sebelum memasuki kota Temanggung. Polisi suprised ada Honda CB Jakarta bisa sampai sana. (belum tau dia anak2 HDC -Honda Doeloe Club- malah udah sampe ke Surabaya) Mesin ogut disenter2, takutnya udah diganti kali.. (untung aja mesin Ade Soe kaga disenter, walaahhh itu mesin Tiger lhoo ooommm!!)
Perjalanan dilanjutkan dengan lambaian dari bapak2 Polisi disana yg salut dgn perjuangan kami yg sampai disana.

Puku; 01:45 WIB
Sampailah kami dirumah bapak'e Bro Ade Soe di Temanggung dan disambut dengan ramah. Kami menuju rumah kakak sepupu Bro Ade Soe sekitar 1 km dari sana utk menginap dan sudah disambut dengan teh manis hangat dan cemilan...
Alhamdulillah... akhirnya perjalanan berangkat ini berhasil dgn sukses... Pulangnya gimana yaaaaaaaaahh? (To be continue)


Jakarta, 23 Dec 2005

Diceritakan oleh Temmy "Red DeviL" Himawan
Kadiv Touring HORNET/ Instructur SRC HORNET
HORNET 094 / CCC 001 / GPMR 021
Honda CB 125s 1978

4 Comments:

Blogger gadis temanggung said...

gilaaa...biz baca blog lo, gw jd pengeen pulangg...
btw gw asli temanggung, kowangan tepatna..tanya k tmn lo dah..
heeee...gw jg asli ngeri klu lg pulg brg santoso lwt weleri, secara gelap pool and sepi...ud gt supir suka nakut-nakutin gw lg, ,,gw skrg kul di bogor IPB, doain cpt lulus n dpt gawe yakk...

8:22 PM  
Blogger Unknown said...

waaaaaaah petualangan seru nih

2:45 AM  
Blogger Temmy D'Reddevil said...

Hehehehe, ade n lia pa kabar?

8:17 AM  
Blogger Temmy D'Reddevil said...

Hehehehe, ade n lia pa kabar?

8:18 AM  

Post a Comment

<< Home