Saturday, October 01, 2005

Panti Asuhan Balita Jl.Bina Marga No.79 Cipayung Jak-Tim












Sore itu kami bertiga tiba di Panti Asuhan Balita Jl.Bina Marga No.79 Cipayung Jak-Tim.
Setelah berbincang-bincang dengan para petugas disana kamipun mulai dengan tour keliling panti asuhan tersebut.

Dimulai dengan ruangan untuk anak umur 2-5 tahun.
Ruangan tampak sunyi senyap dengan lampu yang sudah dimatikan, tak lama terdengar suara petugas yang menemani kami... "Assalamualaikum".
Dan lampupun dinyalakan.... 38 orang balita di dalam ruangan itu sempat terdiam sejenak untuk kemudian mereka menyambut kami dengan berteriak... "Ayaaahhh......"
Rupanya mereka selalu memanggil tamu laki-laki dengan sebutan ayah atau mungkin mereka sangat berharap kita untuk membawa mereka pergi dari situ dan menjadi ayah bagi mereka yang bisa menjadikan masa depan mereka lebih berarti lagi.
Setelah mengambil beberapa poto anak-anak itupun mulai mengrumuni aku dan masing-masing mencoba untuk mencuri-curi perhatianku.
Sungguh ironi melihat keadaan itu dimana mereka berjuang agar bisa keluar dari tempat itu dan memulai kehidupan yang baru yang lebih baik lagi..... kamipun berpisah dengan disertai lambaian tangan kecil mereka disertai dengan sorot mata penuh harap.

Ruangan kedua : ruang isolasi atas untuk anak usia 4 bulan - 1 tahun.
Pertama kali memasuki ruangan itu mataku tertuju kepada seorang anak lelaki usia 1 tahun yang sedang berada didalam box dengan membenturkan kepalanya ke sisi box yang terbuat dari bahan jaring.... ah rupanya ia mau keluar dari box untuk bermain.
Ku angkat tubuhnya dari dalam box dan ia pun terlihat begitu riang saat ku gendong dan kuajak bermain... sesaat kemudian terlintas wajah sang buah hati didalam benakku. Adli kamu masih beruntung memiliki orang tua yang menyayangimu dan mencitaimu serta selalu berada disisimu saat kau membutuhkan kami.
Setelah membiarkan anak tersebut bermain dilantai akupun beranjak kesudut ruangan dimana terbaring seorang anak wanita dengan cacat pada kedua belah kakinya, ternyata anak tersebut ditinggalkan oleh orang tuanya di rumah sakit karena tidak sanggup lagi membiayai pengobatannya..... sungguh malang nasib anak itu namun dibalik itu Allah masih memberikan sedikit keberuntungan kepada anak itu karena ia masih bisa berada di panti asuhan tersebut ketimbang disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mengemis dijalanan.

Ruangan ketiga : ruang isolasi untuk anak usia 0 bulan - 2 bulan.
Ada 8 orang bayi mungil didalam ruangan kecil itu.
"Yang ini namanya Rahmat pak, Ibunya Laras"
"Laras....?, itu nama ibunya yah....?"
"Bukan pak, itu panti Laras... panti yang manampung orang-orang yang tidak waras"
What.....!!!!!! rupanya ia dilahirkan dari seorang yang tidak waras dimana wanita itu telah diperkosa oleh pihak yang tidak bertanggung jawab sampai hamil dan ditinggalkan begitu saja.... sungguh perbuatan biadab.
"Yang ini akan dinamai Sharul Khan...!!!"
Seorang anak dari seorang TKW yang baru pulang dari Timur Tengah dan dihamili oleh majikannya.
"Nah yang ini keturunan Tionghoa pak, dia ditinggalkan dirumah sakit Pluit saat dilahirkan"
Pppffhhh..... sungguh mengenaskan.
Begitu teganya meninggalkan mahluk kecil yang tidak berdaya didunia yang tidak bersahabat ini, mereka harus berjuang untuk tetap hidup dan mendapatkan penghidupan yang lebih baik lagi.
Inikah generasi penerus bangsa ini..........?
Semoga Allah SWT selalu mengingatkan kita untuk selalu berbagi dengan sesama..... kalau bukan kita siapa lagi yang peduli dengan mereka.....!!!!!!
Mungkin kita terlalu malu untuk menyisihkan sedikit rizki kita untuk mereka, namun apakah kita sadar begitu berharganya hal tersebut bagi mereka.
Semoga mereka selalu dalam lindungan Allah SWT....amin.

69 Comments:

Blogger Cuteklara said...

This comment has been removed by the author.

2:10 PM  
Blogger irnadj said...

hai semua yang ada di panti asuhan balita...saya harap kalian baik2 saja disana,,
perkenalkan nama saya irna saya mahasiswi fakultas ilmu komunikasi dr.moestopo..
saya sangat ingin sekali menjadi relawan di panti asuhan tersebut..hati saya sengat tersentuh untuk menjadi relawan disana..
kalau boleh saya tahu bagaimana caranya untuk menjadi relawan disana..
ini no tlp saya 02192057422
dan ini alamat email saya idjholic@yahoo.com..

2:22 AM  
Blogger Unknown said...

Hi...nama saya wien, apakah mungkin untuk mengadopsi bayi di Panti Asuhan ini?

3:22 AM  
Blogger Cuteklara said...

Mba wien bs langsung menghubungi panti mba biar jelas dan tepat sasaran..saya doakan klo memang mba mo mengadopsi biar lancar ya?

6:14 AM  
Blogger Cuteklara said...

Rekans,.. Jika ada yang berniat menyalurkan bantuan silahkan datang ke
Jl.Bina Marga No. 79 Cipayung Jakarta Timur, Phone (021) 844-5651 dgn Ibu Tarsih
atau Ibu Budi. Akan sangatberarti Apabila Anda memforwardnya ke relasi-relasi/ teman2 sekalian.

6:16 AM  
Blogger arjuna said...

anak sy mau ultah yg kdua,sy ingin ultahnya dpanti asuhan.tp sy mau panti asuhan muslim.acara apa yg bkn anak2 panti happy,makananya apa baiknya,cara izinya gmn.thanks

7:38 PM  
Blogger Cuteklara said...

arjunba klo mo yg muslim bs hub jd dsini ato ya ke panti asuhan hj tuti alawiyah di pondok gd..langsung aja dtg barangkali yaaa

5:01 AM  
Blogger Ibong said...

This comment has been removed by the author.

12:49 AM  
Blogger Ibong said...

Ass.wr.wb
Saya Hatta. saya bernazar kalo saya bisa menikahi wanita idaman saya, saya mau mengangkat anak asuh. Alhamdulilah doa saya terkabul, tapi keadaan saya belum memungkinkan untuk adopsi. Kalo saya mengangkat anak, namun saya titipkan dulu itu kira2 seperti apa yah?
Ass.wr.wb

12:56 AM  
Blogger Cuteklara said...

Hatta,
saya bkn ahli agama tapi kalau saran saya ada 2 : anda lebih baik menunggu sampai keadaan anda stabil karna kalau angkat anak trs dititipkan sepertinya malah kelihatan niat ga niat jd lbh baik menunggu.
yg kedua: ada jg org percaya angkat anak akan membawa berkah dan keadaan anda akan lbh baik setelah ada anak asuh. nah jd lbh baik dipikir masak2 dan mungkin ada yg akan ksh comment lain ke anda..

2:52 AM  
Blogger gyn said...

assalamualaikum,
saya mahasiswa tingkat akhir,
saya ingin sekali menulis skripsi mengenai anak-anak panti asuhan. kalau bapak/ibu berkenaan, saya mohon izinkanlah saya untuk dapat membantu di panti bapak/ibu sebagai relawan sambil menyelesaikan skripsi saya. saya mohon kesediaan bapak/ibu sekalian untuk dapat menerima saya...

11:06 PM  
Blogger Cuteklara said...

Gyn yth dan jg yg lainnya...
Silahkan yg ingin membantu panti ini langsung tlp ke no yg sdh saya berikan nanti langsung menghubungi ibu pengurus panti asuhan...
Semoga niat baiknya lancar yaaa..

Makasih,

Klara.

12:23 PM  
Blogger afifa said...

Thanks atas info panti asuhannya. memang sangat saya butuhkan. trus btw panti asuhan ini pengelolanya muslim bukan ya ?

1:34 AM  
Blogger RedEye said...

Sya blh tau pendirinya tidak??
Kalo blh tolong balas ke tujuharimo@yahoo.com.
terima kasih.

2:07 AM  
Blogger RedEye said...

saya minta info tentang pendirinya ya??
hubungi 98879869. terima kasih

2:13 AM  
Blogger RedEye said...

Beli motor Supra X harga 8,8 juta...
dp cuma 1 juta, trus cicilan 500rb perbulan selama 1,5 tahun..
kalo mau hubungi mario 081510683537.
thx.

2:26 AM  
Blogger Lina said...

pak, kalo anak2 di panti asuhan tersebut bisa diadopsi tidak ya...saya berniat mau mengadopsi bayi sekitar berusia 2 sampai dengan 8 bulanan. terima kasih.

11:44 PM  
Blogger Eva Yanti said...

salam kenal...saya Eva..saya bermaksud ingin mengadopsi bayi, apakah panti asuhan ini bersedia mengadopsikan? kalau bpleh tahu apakah syarat yang harussaya penuhi?

4:45 AM  
Blogger Rosa said...

assalam mualaikum..nama saya rosa, saya sudah menikah kurang lebih 3th-an, dan saya sangat ingin sekali mengadopsi anak, tapi saya masih ragu2, mohon saran apa yang sebaiknya saya lakukan??

7:09 AM  
Blogger Cuteklara said...

untuk adopsi anak sebaiknya dtg dan tanyakan langsung kepanti ini karna saya ga kerja di panti asuhan ini..
saran saja buat Rosa kalau msh ragu2 unntuk adopsi sebaiknya tunggu klo niat anda sdh mantap karna tdk mudah merawat anak terlebihnya anak yg bukan dari rahim kita...harus dari kesadaran dan niat dan kasih sayang yg tulus kita kepada anak tsb dan harus benar2 dirawat, kasi apalagi kalau kita yg meminta. Untuk info dpt langsung menghubungi panti asuhan tersebut karna saya tdk bekerja dsana...Makasih

7:29 AM  
Blogger Unknown said...

ini dari panti asuhan harapan remaja, dulu ada anak asuh dari panti Asuhan Balita yang dikirim ke panti Asuhan Harapan Remaja 2 anak dan sekarang sudah kuliah, alhamdulillah. bagaimana kl ada orang mau adopsi anak di sana. website panti Asuhan Harapan remaja.
www.pantiasuhanharapanremaja.co.cc tks

8:00 PM  
Blogger Shazia Putri said...

ada baiknya jangan pakai sebutan ruang isolasi karena kesannya negatif, seorang anak mau darimana pun asalnya dia tetap lah suci, tidak tau apa2. Bagaimana dia jadinya nanti adalah tanggung jawab keluarga, lingkungan yang membentuknya. Mau dia lahir dari orang yang tidak waras, sesungguhnya harus disadari bahwa wanita yg melahirkannya pernah waras, atau yang dari hasil perkosaan harus diyakini sang bayi memiliki jalannya untuk hadir di dunia ini. ini cuma sekedar masukkan, karena kata2 yang salah akan mendapat persepsi yang salah pula bagi pembacanya.

8:08 PM  
Blogger Unknown said...

semoga yang mengasuh anak-anak tersebut mendapat pahala yang setimpal...

saya jadi pengen buat panti...

5:11 AM  
Blogger smiley said...

waktu kemarin melihat acara di televisi tentang panti asuhan balita, saya merasa iba kepada mereka yg tidak mempunyai orang tua. namun dengan adanya panti asuhan ini, mungkin luka mereka dapat terobati. dan saya juga sangat senang dengan anak-anak kecil.... saya masih sekolah di muhammadiyah 9, saya juga ingin membantu para staf di panti asuhan ini...

11:21 PM  
Blogger Cuteklara said...

ini Post bukan berasal dari panti Asuhan Balita melainkan perorangan yg hendak membantu lewat web ini!! jadi kalau hendak membantu hendaknya tlp langsung ke panti yg bersangkutan.
@ Smiley kalau besar nantyi mudah2an anda bs membantu tmn2 kita yg krg beruntung..Makasih

5:02 AM  
Blogger Unknown said...

Ass.
Mau tanya nih, kalau dari bogor saya naik kendaraan pribadi menuju ke panti asuhan lewat jalur mana ya? thx infonya..

8:37 PM  
Blogger nuritya said...

Assalamualaikum
hai semua temen - temen yang di panti asuhan saya mahasiswi di uhamka fakultas keguruan saya pengen banget jadi relawan bagaimana caranya untuk menjadi relawan di panti tersebut tolong infonya ya thans
wassalam

11:55 PM  
Blogger nuritya said...

Assalamualaikum
hai semua temen - temen yang di panti asuhan saya mahasiswi di uhamka fakultas keguruan saya pengen banget jadi relawan bagaimana caranya untuk menjadi relawan di panti tersebut tolong infonya ya thans
wassalam

11:55 PM  
Blogger MarvinThePoko said...

perkenalkan nama saya poko, umur saya saat ini 24 tahun, saya berniat untuk mengadopsi anak, persyaratannya apa saja ya, dan membutuhkan biaya apa saja untuk saia bisa mengadopsi seorang bayi...

untuk info nya saya ucapkan terima kasih

7:59 PM  
Blogger rumah sri said...

Assalamualaikum. wr.wb hai saya sri bolehka saya mengangkat bayi yang ada di panti asuhan balita, saya dah lama mengidamkan anak,saya dah 10 thn menikah.klau boleh gmn prosedurnya?

8:37 PM  
Blogger Unknown said...

Saya ingin menjadi tenaga sukarelawan dipanti asuhan Balita. saya tinggal di Jakarta pusat.waktu luang saya adalah sabtu dan minggu. saya ingin di waktu luang saya bisa di manfaatkan untuk membantu di panti asuhan balita...mohon penjelasannya...terima kasih - ratna

10:37 PM  
Blogger Cuteklara said...

Silahkan bagi yg ingin menjadi sukarelawan atau tanya2 persyaratan adopsi bisa datang langsung ke Jl.Bina Marga No. 79 Cipayung Jakarta Timur, Phone (021) 844-5651 dgn Ibu Tarsih atau ibu Budi.

4:06 AM  
Blogger Grace Sitopu said...

Hi nama saya Grace. saya udh menikah 3 thn. saya sudah prnh mempunyai 1 org anak laki2 umur 6 bln. tp Tuhan berkehendak lain... Anak saya meninggal umur 6 bln krna skt flek...setelah anak saya meninggal saya udah kosong 1 thn lbh...belum di karunia'n anak lg...saya ingin mengadobsi anak laki2 yg msh bayi dr panti asuhan balita nie...thank's..GBU

6:29 AM  
Blogger kalandra said...

ya allah lindungilah mereka

12:02 AM  
Blogger ^vkoy^ said...

hai,,minta info apakah lokasi nya masih dsana..tq

6:34 PM  
Blogger SMardhi said...

Kira2 apa yg dibutuhkan oleh anak2 manis yg ada disana? Mohon infonya

8:27 AM  
Blogger xie elly said...

saya ingin menjadi relawan...gmn caranya...

6:17 PM  
Blogger Cuteklara said...

@AsMardhi : yg dibutuhkan anak2 bisa berbentuk uang, bisa berupa kebutuhan sehari2 seperti : Pampers, susu, baju tidur/pijama, selimut,sembako sangat bermanfaat buat mereka. Tapi apapun yg ingin mas berikan mreka akan senang.

12:22 AM  
Blogger Cuteklara said...

@ ^vkoy^ : alamat msh tetap dsana
@ Winny mau kesana lwt tol kampung rambutan/ taman mini. lbh lengkap dpt tlp langsung ke panti@
@Marvin depoko, @Grace Sitopu klo ingin mengadopsi semua peryaratan bs ditanya langsung ke panti di no tlp yg tertulis di Blog saya

12:28 AM  
Blogger panna said...

Salam kenal,
jika saya ingin menyalurkan bantuan yang dibutuhkan, bisakah melalui paket? semoga bisa berguna untuk anak2 tercinta

1:18 AM  
Blogger Cuteklara said...

@ Panna, tentu saja bisa bantuan berupa apapun baik langsung atau melalui paket akan sangan berguna buat anak2 di panti asuhan ini. Terima Kasih.

1:27 AM  
Anonymous Anonymous said...

Ass.

kenapa saya ada disini?? karena saya menang tender untuk panti balita ini. tender pembuatan website panti balita tunas bangsa. dan setiap halaman yang saya buat hati saya seakan disayat2 oleh foto anak2 disana. Ya Allah semoga kalian semua jadi anak yang sholeh.

2:40 PM  
Blogger Cut Laura said...

Follow panti balita tunas bangsa on twitter @pantibalita_01 : salam :)

2:39 PM  
Blogger Sukablogging said...

Assalamu'alaikum...
Maaf cuma mau menawarkan genteng GRATIS...
Semoga berkenan...
Wassalam

http://www.kaskus.co.id/post/50965e2f2c75b4160b000082#post50965e2f2c75b4160b000082

4:53 AM  
Blogger Unknown said...

Assalamualaikum.. jujur saya berkeinginan skali jd relawan panti asuhan.. secara materi mgkn saya blm bisa.. tetapi insyaAllah tenaga ataupun ilmu yg saya pny saya bisa.. boleh di bantu bagaimana cara ny menjadi relawan.. terimakasih..

7:57 PM  
Blogger Unknown said...

Assalamualaikum.. jujur saya berkeinginan skali jd relawan panti asuhan.. secara materi mgkn saya blm bisa.. tetapi insyaAllah tenaga ataupun ilmu yg saya pny saya bisa.. boleh di bantu bagaimana cara ny menjadi relawan.. terimakasih..

8:00 PM  
Blogger Link Go Reklame said...

Asalammualaikum

Nama saya Evan saya sudah menikah dari tahun 2009 lalu sampai saat ini kami belum di titipkan momongan,jadi apakah bisa kami mengadopsi bayi di panti ini...???
tolong di kofirmasi ke No.saya 021 37257008/082125040491 email kapansajo@yahoo.co.id

9:23 AM  
Blogger Link Go Reklame said...

Asalammualaikum

Nama saya Evan saya sudah menikah dari tahun 2009 lalu sampai saat ini kami belum di titipkan momongan,jadi apakah bisa kami mengadopsi bayi di panti ini...???
tolong di kofirmasi ke No.saya 021 37257008/082125040491 email kapansajo@yahoo.co.id

9:24 AM  
Blogger Cuteklara said...

@Evan (Warung Sepatu) untuk infonya langsung menghubingi panti asuhan tersebut. Sukses!

3:09 AM  
Blogger Haliman adiwijaya said...

This comment has been removed by the author.

11:15 AM  
Anonymous Anonymous said...

Selamat malam ..
Saya mau tanya. Jika kita kesana haruskah membawa sesuatu? Atau boleh datang dulu perkenalan dan hari selanjutnya membawakan sesuatu?
Terimakasih.

7:16 AM  
Blogger AR said...

Assalamaualaikum
kalo dari Depok ke Panti Asuhan ini, naik angkot apa aja ya?
Terimakasi

10:04 PM  
Blogger Unknown said...

dedk bayi nya kasian ya, kalo kesana kira2 apa yang bisa kita kasih ya buat kenang2an?

2:15 AM  
Blogger Unknown said...

Sy tinggal dipekanbaru bisakah sy mengadopsi bayi atau balita 1th bgmn caranya....tlg berikan info buat saya...nama saya rita...

11:15 PM  
Blogger Unknown said...

assalamualaikum,

aq sudah menikah 3 tahun tp blum juga dititipkan buah hati. Semakin lama Rumah semakin terasa sepinya. terkadang kami mengajak ponakan atau anak tetangga menginap dan bermain. ingin sekali rasanya adopsi buah hati. tp saya tkut pihak panti meragukan kami krna umur kami msh 24 thun.

7:49 PM  
Blogger Unknown said...

Permisi saya mau bertanya.. ultah pemuda gereja saya rencnanya mau dirayakan di panti asuhan.. jika bole tau spesifik nama panti nya apa yah? Letak tmptnya deket apa di cipayung?

4:14 AM  
Blogger Unknown said...

Permisi saya mau bertanya.. ultah pemuda gereja saya rencnanya mau dirayakan di panti asuhan.. jika bole tau spesifik nama panti nya apa yah? Letak tmptnya deket apa di cipayung?

4:14 AM  
Blogger Stinging Bee said...

Tulisan yang sangat menyentuh dan informatif.Terima kasih untuk artikelnya.

4:09 AM  
Blogger Umu Sabillah said...

Assalamu'alaikum..ibu..kl kmi naik kereta dr bogor..rutenya gimana ya, supaya sampai di panti?..
Insya Allah kmi ingin k sana utk silaturahim..
Terimakasih infonya

4:39 PM  
Blogger Unknown said...

sehat selalu ya adik2 disana..pengen bgt bisa gendongnya kalian :)

5:28 AM  
Blogger Unknown said...

sehat selalu ya adik2 disana..pengen bgt bisa gendongnya kalian :)

5:29 AM  
Blogger Unknown said...

Saya pengen banget jadi sukarelawan disana...bisa gx yach???

10:20 PM  
Blogger Unknown said...

Assalamu'alaikum... Saaya Annisa, saya lulusan akademi kebidanan, tp sekarang full menjadi ibu rumah tangga. Saya ingin menjadi relawan, hanya utk sekedar menggendong mereka, memberikan mereka kasih sayang spt apa yg seharusnya mereka dapatkan, mengganti popoknya, atau hanya sekedar mengajak mereka bernyanyi bintang kecil bersama2. Itu sangat membahagiakan utk saya. Kira2 masih menerima relawan ngga ya? Semoga msh ada kesempatan bagi saya utk berbagi kasih dengan mereka :')
Kalau mungkin ada info atau ada kesempatan bagi saya untuk menjadi seorang relawan, bisa hubungi saya ke email chusnaannisa@gmail.com atau D0D78D9A
Terimakasih
Wassalamu'alaikum

8:27 PM  
Blogger Unknown said...

Hallo,selamat sore

Nama saya Ita Ardhani,saya dan suami sangat berniat untuk merawat baby sebagaimana seperti anak kita sendiri..yang saya mau tanyakan apakah kita bisa merawat dan membawa pulang anak/baby tersebut dari tempat "Panti Asuhan Balita"..
mohon informasinya apa saja prosedurnya tolong menghubungi saya di email saya jasitadawson0306@gmail.com atau no Hp saya 082231166643

terimakasih banyak,

saya tunggu kabar dari pihak "Panti Asuhan Balita"

Ita Ardhani

3:55 AM  
Blogger Unknown said...

Halo, berniat adopsi?

12:16 AM  
Blogger Unknown said...

Halo, niat adopsi, bisa kontak saya

12:17 AM  
Blogger Unknown said...

Halo, niat adopsi, bisa kontak saya

12:21 AM  
Blogger Unknown said...

I still have here baby stuffs from my son... i would like to donate it to them...

7:46 PM  
Blogger Unknown said...

Maaf pak/ibu Bisa adopsi ank cewek umr 1-3 thn ngak..klu bisa n ada info bisa hubngi no ini 081278408686

5:12 PM  

Post a Comment

<< Home